iPhone 5 Dua Kali Lebih Kencang dari iPhone 4S | Young, Wild And Free
Kamis, 20 September 2012

iPhone 5 Dua Kali Lebih Kencang dari iPhone 4S



Justin Sullivan/Getty Images/AFP
Apple Senior Vice President of Worldwide product marketing Phil Schiller announces the new iPhone 5 during an Apple special event at the Yerba Buena Center for the Arts on September 12, 2012 in San Francisco, California. Apple announced the iPhone 5, the latest version of the popular smart phone.
KOMPAS.com - Sebuah benchmark pertama dari smartphone Apple iPhone 5 beredar di Internet. Seperti dilansir oleh Cnet, dalam benchmark Geekbench tersebut, iPhone 5 memiliki skor sebesar 1,601.

Apabila benchmark tersebut memang benar dan akurat, maka skor iPhone 5 dua kali lipat lebih tinggi dari New iPad (skor 794) dan iPhone 4S (631), atau sesuai dengan klaim Apple bahwa prosesor A6 pada iPhone 5 "hingga dua kali lebih kencang" dibanding chip A5 pada iPhone 4S.

Frekuensi kerja (clockspeed) prosesor A6 milik iPhone 5 juga diketahui dari benchmark tersebut, yaitu 1 GHz, naik 200 MHz dari angka 800 MHz yang dipatok untuk prosesor A5 milik iPhone 4S.

Karena clockspeed A6 hanya berbeda sedikit dari pendahulunya, prosesor baru yang kabarnya merupakan kreasi Apple sendiri ini disinyalir lebih efisien dalam memproses instruksi.

A6 adalah prosesor Apple pertama yang dibuat dengan proses fabrikasi 32 nm yang memungkinkan konsumsi daya lebih hemat serta kinerja lebih tinggi dibandingkan prosesor generasi sebelumnya.

Hal lain yang diperkirakan turut berkontribusi pada kinerja iPhone 5 adalah digunakannya memori yang lebih kencang.

Nilai Geekbench dari iPhone 5 itu sedikit lebih tinggi dibandingkan smartphone Samsung Galaxy S III (prosesor quad-core Exynos 4412, 1.4 GHz) yang mencatat skor 1,588. Akan tetapi, hasilbenchmark tersebut belum bisa dipastikan karena iPhone 5 juga belum dilepas ke tangan konsumen.




Akhirnya, rahasia produk terbaru Apple terkuak. Apple umumkan bahwa produk handsetterbarunya tersebut benar bernama iPhone 5.

Dalam press releasenya, Apple VP of Marketing Phil Schiller menjelaskan bahwa iPhone 5 terbuat dari paduan kaca dan gelas. Produk baru ini memiliki ketebalan 7,6 mm dan 18% lebih tipis dari generasi sebelumnya. Beratnya hanya 112 gram atau 20 % lebih ringan dari iPhone 4S.

Layarnya dilengkapi dengan Retina display (326ppi) berukuran 4 inci dengan resolusi 1136 x 640 pixel. "Lebarnya sama namun lebih panjang," ungkap Schiller seperti yang dikutip Engadget (12/09). Terdapat 5 baris icon dan 4 shortcut di bagian bawah.

Apple juga telah memberikan update untuk iWork, Garage Band dan iMovie. Selain itu terdapat penambahan aplikasi baru seperti Open Table yang berfungsi layaknya galeri foto. Dibandingkan dengan perangkat sebelumnya, saturasi warna iPhone 5 sekitar 44% lebih bagus, tajam dan tidak bias apabila terkena sinar matahari.

Untuk koneksitasnya, iPhone 5 dilengkapi dengan GPRS, EDGE, EV-DO, HSPA, HSPA+ (21Mbps), DC-HSDPA (42Mbps) dan LTE (max. 100). Di dalamnya terdapat 2 chip yang masing-masing untuk Voice Data dan Radio. Berbeda dengan produk sebelumnya, Apple menambahkan antena untuk handset ini.

Prosesor yang digunakannya adalah A6 yang berukuran 22% lebih kecil dari sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk dapat menghemat energi baterai. Untuk mencoba kehebatan layarnya, Schiller juga mendemonstrasikan iPhone 5 untuk digunakan bermain salah satu game EA berjudul Real Racing 3.

Untuk masalah baterai, Schiller menjelaskan bahwa baterai iPhone 5 lebih hemat daripada iPhone 4S. Baterainya kuat bertahan selama 8 jam untuk berbicara atau juga untuk browsing dalam jaringan 3G atau LTE. Apabila menggunakan fitur Wi-Fi, maka baterainya kuat bertahan lebih lama yaitu selama 10 jam.

Kameranya kurang lebih sama dengan iPhone 4S. Kamera di bagian belakangnya mempunyai resolusi 8MP dan berfiturkan 5 elemen lensa serta f/2.4 aperture. Tidak hanya itu saja, Apple juga menambahkan fitur bernama Smart Filter yang berfungsi untuk mengurangi noise. "Kameranya 40% lebih cepat dalam pengambilan gambar dibanding dengan sebelumnya," jelasnya.

Seperti halnya rumor yang beredar, Apple ternyata benar melengkapi produk barunya ini denganoperating system iOS 6 di dalamnya. Selain itu, terdapat juga aplikasi seperti Apple 3D Map, PassBook, Photo Stream, FaceTime dan banyak lagi.
Mengenai harga, Schiller mengatakan bahwa iPhone 5 ini akan dijual dipasarkan dengan harga USD 199 untuk yang 16GB, USD 299 untuk yang 32GB dan USD 399 untuk yang 64GB.

Pre-order dibuka mulai hari Jumat (14/09) mendatang dan secara resmi akan dirilis untuk pasaran Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Prancis, Australia, Jepang, Hongkong, Singapura dan 20 negara lainnya pada tanggal 21 September ini.

1 komentar:

Posting Komentar

 
;